Bank Indonesia Lhokseumawe gelar Festival Meurah Silu 2023


Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Lhokseumawe mengadakan Festival Meurah Silu 2023 pada Sabtu-Minggu, (24-25/6) mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai di Lapangan Jenderal Sudirman, Lhokseumawe. Kegiatan ini mengusung tema "Semarak Ekonomi Keuangan Syariah dalam Pengendalian Inflasi di Pesisir Laut dan Pegunungan Aceh.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Lhokseumawe , Gunawan, dalam keterangannya kepada media menyampaikan , Festival Meurah Silu merupakan agenda tahunan KPwBI Lhokseumawe dan telah tersenggara dua kali yaitu pada tahun 2021 di Kota Langsa dan tahun 2022 di Kabupaten Aceh Tengah.

Tujuan Festival Meurah Silu untuk memaksimalkan potensi daerah Lhokseumawe dan sekitarnya dalam menciptakan sinergisitas hulu-hilir dalam hal pemenuhan permintaan pasar dalam dan luar negeri. Kemudian, sebagai bentuk edukasi dan promosi untuk memperkenalkan produk premium UMKM berupa makanan/minuman, kerajinan kriya, fashion dan komoditas unggulan sekaligus ajang seni dan kebudayaan Aceh. Sebagai bentuk kontribusi Bank Indonesia dalam pengembangan perekonomian (local economy deveploment) dan UMKM daerah.

Meurah Silu 2023 memberikan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) experience kepada masyarakat melalui pemanfaatan QRIS untuk melakukan pendaftaran kegiatan lomba dan pemberian diskon kepada pengunjung yang melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS.

QRIS Experience, yaitu pemberian pengalaman penggunaan QRIS melalui pendaftaran lomba, jalan sehat dan penukaran voucher diskon. Seminar/Sosialisasi dan Talkshow untuk peningkatan pemahaman terkait perlindungan konsumen dan inklusi keuangan serta tips menjadi konsumen cerdas di era digital.

Meurah Silu 2023 bersinergi dengan Festival UMKM Kota Lhokseumawe melalui rangkaian kegiatan jalan sehat yang dilakukan dengan pemilihan rute yang menghubungkan lokasi Meurah Silu 2023 pada Minggu Festival (26/6/).

Kompetisi, yaitu final perlombaan road to Festival Ekonomi Syariah(FESyar) antara lain In2motion, MTQ, nasyid, dan dakwah.  Selain itu terdapat beberapa perlombaan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum, yaitu coffe competion (lomba barista), lomba mewarnai tingkat anak, dan lomba rangking satu tingkat SMA.

Expo/Bazar UMKM, yakni pameran dan penjualan produk UMKM binaan dan mitra KPwBI Lhokseumawe yang terdiri dari makanan dan minuman, kopi, industri, kreatif, dan wastra nusantara.

Selain itu terdapat talkshow terkait kopi dengan menghadirkan ahli dan success story pelaku usaha ekspor. Hiburan dengan menampilkan tarian khas Aceh dan musik tradisional sebagai daya tarik masyarakat untuk dapat hadir dan menikmati kegiatan.


Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design