Dampak Buruk Makan di Malam Hari

Makan terlalu larut malam bisa berdampak buruk bagi kesehatan sehingga kebiasaan buruk ini baiknya harus dihentikan mulai dari sekarang. Baiknya manusia makan 3 kali sehari yaitu pada pagi hari atau kerap disebut dengan sarapan lalu makan siang dan makan malam dan selebihnya bisa mengemil makanan ringan untuk menunda waktu makan yang telah ditentukan baiknya.


Namun, aktifitas disiang hari yang sibuk bisa menyebabkan kita untuk menunda waktu makan. Kebiasaan menunda waktu makan tersebut menyebabkan pola makan kita yang tidak beratur dan terpaksa harus makan di larut malam disaat waktunya untuk beristirahat, dan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita


                    Sumber: merdeka.com

Seperti yang kita ketahui, saat malam hari organ – organ dalam tubuh bekerja lebih sedikit dibandingkan siang hari. Hal ini membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak sempat terbakar, kemudian bisa meningkatkan kadar lemak yang bisa menimbulkan penyakit yang berdampak untuk kesehatan.

Maka dari itu kita harus belajar mengatur pola makan yang baik sehingga kesehatan kita tetap terjaga. Berikut beberapa penyakit yang terjadi jika keseringan makan di larut malam :

·      Terkena gangguan asam lambung

Gangguan asam lambung adalah satu penyebab bahaya makan larut malam dan itu tidak boleh kita biasa kan, harus kita hindari dari kehidupan sehari-hari.

Tidak dianjurkan untuk langsung berbaring ketika selesai makan, sehingga makan larut malam tentunya bukan cara yang tepat untuk mengikuti anjuran tersebut.

Gejala asam lambung naik akibat langsung berbaring setelah makan, dan ditandai dengan asam lambung naik ke kerongkongan, rasa panas dan nyeri di dada atau perut atas, sehingga harus mengonsumsi obat-obatan dari Dokter untuk meredahkannya.

 

·      Meningkatkan potensi penyakit jantung

Makan larut malam juga dapat menyumbat pembuluh darah jantung. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, kebiasaan buruk ini bisa juga membuat anda terancam serangan jantung.

 

·      Menyebabkan diabetes

Makan larut malam biasanya menyebabkan kadar glukosa darah meningkat lebih dari biasanya pada pagi berikutnya. Itu semakin menimbulkan masalah terutama jika kadar glukosa dalam darah berada di atas kisaran normal, yakni melebihi 80-130mg/dL.

Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design