Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Jika Ingin Terhindar Dari Obesitas! Yuk Disimak!

 


Sumber:cnnindonesia.com

    Dilansir dari alodokter.com, obesitas adalah kondisi ketika lemak yang menumpuk di dalam tubuh sangat banyak akibat kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan yang dibakar. Kondisi ini bisa menyebabkan orang yang mengalaminya akan terkena resiko berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kanker.

    Obesitas atau yang biasa kita sebut dengan kegemukan ini bisa disebabkan oleh gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Gejala utamanya adalah penimbunan lemak yang berlebihan ditubuh sehingga meningkatkan resiko timbulnya berbagai masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya kita hindari dan perbaiki kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang tidak baik agar terhindar dari obesitas.

Berikut 5 kebiasaan buruk yang harus dihindari, diantaranya sebagai berikut:

1.      Duduk sepanjang hari.

Aktivitas seperti melihat layar computer, tablet, maupun handphone sambil duduk lebih dari 11 jam perhari akan menimbulkan resiko penambahan berat badan dikarenakan tidak banyak bergerak.

2.      Langsung tidur setelah makan.

Hindari kebiasaan langsung tidur setelah makan karena asupan makanan yang baru kita makan belum sempurna dicerna oleh lambung. Selain itu, dapat memicu naiknya gulah darah dan kegemukan. Maka dari itu, sebaiknya beri waktu dulu untuk tubuh mencerna makanan dengan baik dengan cara duduk terlebih dahulu.

3.      Tidak berolahraga secara teratur.

Harvard T.H. Chan School of Public Health menyebutkan bahwa faktor risiko obesitas yang paling mudah diperbaiki adalah jumlah olahraga yang kamu lakukan setiap hari. Tetap aktif berolaharaga dapat membantu kamu dalam menstabilkan berat badan atau menurunkan berat badan. 

4.      Terlalu banyak mengonsumsi gula.

Mengonsumsi gula tambahan dalam makanan dan minuman secara berlebihan dapat memicu obesitas. Gula mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga gula yang tidak terpakai oleh tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak oleh tubuh kita. Hal itulah yang menyebabkan kenaikan berat badan pada seseorang. 

5.      Tidur tidak cukup.

Ketika seseorang tidur kurang dari 5 jam perhari maka akan terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh seseorang. Kurang tidur juga dapat memperlambat metabolisme dan meningkatkan produksi hormon stress kortisol (yang memberitahu tubuh untuk menyimpan lemak). Hal inilah yang mendorong seseorang untuk makan secara berlebihan dan akhirnya terjadi penambahan berat badan.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan yang menyebabkan kenapa seseorang menjadi obesitas. Setelah kalian mengetahui sebaiknya dihindari ya guys! Dan stop melakukan kebiasaan buruk seperti diatas tadi! Ganti kebiasaan buruk ini dengan kebiasaan yang lebih sehat seperti makan makanan yang sehat dan bergizi, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup.

Semoga bermanfaat! 

Halo, perkenalkan aku Annisa Utami , umurku sekarang 17thn , aku kelahiran thn '03, senang bisa berkenalan dgn kalian. Kalo mau tau tentang aku lebih lanjut silahkan ikuti blog aku yaaa. Makasih�…

Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design