INI DIA KUEH KHAS MELAYU

 Kueh merupakan makanan penutup. kueh ada macam jenisnya, dan berasal dari beragam daerah. Kueh juga merupakan cemilan favorit dan sering juga orang menjadikan kueh sebagai pengganti sarapan pagi. Disini saya akan membahas beberapa kueh khas melayu yang jarang orang ketahui. Sebelumnya suku melayu mendominasi Pulau sumatera.

1. Roti jala kari ayam

Roti jala kari ayam adalah salah satu kueh khas melayu yang banyak diminati . walaupun disebut roti, makananan khas melayu ini berbentuk jala sehingga dinamakan roti jala. Di daerah melayu roti jala dipadukan dengan kari ayam, dan kueh ini biasanya disajikan saat ada acara tasyakuran, persta pernikahan maupun hari besar lainnya.

2. Bolu kemojo

Bolu ini merupakan bolu khas melayu namun bolu ini jarang di jual. Bolu ini dimasak hanya untuk konsumsi sendiri, bolu yang berbahan dasar tepung terigu, vanili, pandan, telur, santan kelapa dan air, sebenarnya juga kueh favorit yang orang- orang terutama orang melayu.

3. Kueh Sayidah

Kueh yang dihidangkan di acara pernikahan ini juga merupakan kueh khas melayu, dahulu kueh ini hanya dimasak oleh keluarga kerajaan, namun sekarang kueh khas melayu satu ini sudah banyak ditemukan di acara pernikahan dan acara tayakuran. Kueh ini memiliki rasa yang manis, pulen dan ditambah cita rasa bawang goreng yang gurih.

4. Kueh malaka

Kueh yang satu ini merupakan kueh yang paling popular diantara semua kueh khas melayu, karena rasanya yang sagat manis, dari gula merah di dalamnya, juga kueh ini sangat lembut dan pulen. Kueh ini sudah banyak uang menjualnya di pasaran di warung maupun di pinngir jalan. Kueh ini sering dipakai untuk menu berbuka puasa.

Itulah beberapa kueh khas melayu yang sangat diminati orang-orang. Masih banyak lagi kueh khas melayu yang selalu menjadi favorit orang0orang melayu, ada kueh lapis, kueh nanas, dan masih banyak lagi.


Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design