Kelezatan Kuah Pliek U Masakan Tradisional Aceh Yang Bikin Nagih

 


Aceh sendiri merupakan salah satu wilayah yang memiliki ciri khas paling berbeda dari wilayah yang lain. kekayaan budaya masyarakat aceh membuat aceh sendiri tak lagi di pandang sebelah mata. masakan yang paling terkenal di aceh adalah kuah pliek u.

Kuah pliek u adalah masakan tradisional khas Aceh yang terbuat dari berbagai sayuran. Nama kuah pliek u berasal dari bahan dasarnya, yaitu adalah pliek u. Masyarakat setempat juga mengenalnya dengan nama patarana. Pliek u ini bisa dibuat berbagai macam makanan, salah satunya adalah kuah atau gule pliek u.

Seperti yang kita ketahui bahwa masakan ini sangat populer di aceh. selain rasanya yang sangat lezat cara masak nya juga mudah. bahan bahan untuk kuah pliek u sangat mudah di dapatkan, seperti daun melinjo, nangka muda, terong, melinjo, dan kacang panjang, sehinggga dengan campuran sayur sayuran itulah yang membuat kuah pliek u semakin nikmat. Kuah pliek u menggunakan bumbu yang biasa di gunakan untuk memasak seperti ketumbar, bawang merah, cabai, dan bawang putih.

 Kuah pliek u ini tidak pernah di buat dalam porsi sedikit namun selalu dibuat dalam jumlah yang besar, sehingga dapat di bagi kepada para tetangga ataupun kerabat. Nilai filosofi tersebutlah yang menjadi pengikat persaudaraan antar rakyat Aceh.


Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design