Manfaat Bersepeda di Sore Hari


Tahukah kamu, tubuh manusia butuh aktivitas fisik agar berfungsi normal dan mencapai kesehatan jangka panjang yang baik. Salah satu kegiatan olah fisik paling mudah adalah bersepeda.

Bersepeda bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit jiwa. Bersepeda adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menaiki sepeda.

Secara statistik menunjukkan turunnya masa lemak saat bersepeda nyaris sama dengan berolahraga di gym dengan intensitas tinggi.

1. Menurunkan Risiko Depresi

Bersepeda saat pagi atau sore hari bisa bantu mengurangi stres, depresi serta kecemasan. Manfaat bersepeda ini juga akan meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyamanan hati.

2. Meningkatkan kekuatan otak

Olahraga telah berulang kali dikaitkan dapat menyehatkan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu.

Tidak hanya itu, manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga. Penelitian menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, empat kali seminggu.

7. Mengatasi insomnia
Bagi kamu yang mengalami insomnia, manfaat olahraga sepeda dipercaya mengatasi gangguan yang kamu alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur kamu akan datang lebih cepat.

Sedangkan, manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.


Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design