Manfaat Mandi Malam Dan Bahayanya Jika Keseringan!

Banyak yang mengatakan bahwa kebiasaan mandi di malam hari dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Kebiasaan ini sering disebut tidak baik dan malah bisa menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh seseorang. Apakah hal tersebut benar?Mengapa mandi di malam hari tidak di anjurkan?

Kita sering mendengar perkataan bahwa mandi di malam hari tidak bagus untuk kesehatan. Namun perkataan tersebut belum terbukti benar sepenuhnya. Masih belum banyak penelitian yang bisa membuktikan bahwa mandi di malam hari dapat berbahaya bagi kesehatan, Tetapi bukan berarti hal ini bisa dijadikan kebiasaan yang sering dilakukan.

Bahaya mandi malam sering dikatikan dengan meningkatnya risiko penyakit rematik, tetapi itu hanya mitos belaka, mandi dimalam hari bukan penyebab sama sekali terkena risiko penyakit rematik.

Malah sebaliknya, rutin mandi malam bisa membantu meringankan penyakit rematik lho! Tetapi dengan air hangat, selain dengan air hangat, kita juga disarankan sesekali mandi dengan air biasa agar bisa membantu mengurangi nyeri oto atau pegal-pegal setelah seharian beraktivitas.


             Sumber: https://www.asliindonesia.net/

Loh, mandi malam bermanfaat?kok bisa?

 

Ternyata mandi malam ada manfaatnya juga untuk kesehatan, tapi pada kondisi tertentu. Mandi malam dianjurkan untuk seseorang yang banyak mengeluarkan keringat pada aktivitasnya disiang hari, mandi malam setidaknya bisa membantu seseorang agar tidurnya menjadi lebih nyenyak akibat aktivitas di siang hari.

Tapi baiknya jika kamu ingin mandi di malam hari, lebih baik pakai air hangat untuk mengurangi dampak buruknya. Mandi air hangat bisa membuat kulitmu merasa lebih nyaman, tubuhmu menjadi rileks dan dapat juga mengundang rasa kantuk pada mata. Tetapi kamu tetap bisa menggunakan air biasa kalau bagimu itu nyaman.

Namun mandi malam tidak dianjurkan untuk seseorang yang sedang sakit, untuk seseorang yang sedang sakit baiknya hanya sekedar mandi tipis-tipis saja seperti membahasahi kain bersih lalu gosokkan ke tubuh.

 

Nah, kalau diatas tentang manfaatnya sekarang kita bahas tentang bahayanya, berikut bahaya keseringan mandi malam :

1.    Memicu penuaan dini

Metabolisme tubuh yang terganggu akibat mandi air dingin pada malam hari akan berimbas pada metabolisme lemak juga. Proses metabolisme lemak yang tidak lancar akan menyebabkan kulit keriput.

 

2.    Meningkat risiko demam

Suhu tubuh yang mengalami peningkatan pada malam hari  dan menyebabkan pori-pori terbuka, air yang dingin akan meresap masuk bercampur dengan suhu panas tubuh akibat aktivitas di siang hari. Hal ini yang membuat kekebalan tubuh menurun dan lebih rentan terkena demam.

3.    Gangguan metabolism

Gangguan metabolisme tubuh dapat menyerang ketika sering mandi di malam hari menggunakan air dingin. Bahaya mandi di malam hari ini akan membuat suhu tubuh melemah.

Sehingga pada kondisi ini, tubuh manusia memerlukan banyak istirahat. Jika terus dibiarkan, proses metabolisme tubuh bisa mengalami kelainan.

Gejala ketika mengalami metabolisme :

- Tubuh akan merasa lebih lemas

- Merasa sangat mual dan ingin muntah

- Tidak memiliki nafsu makan

- Merasakan sakit perut

- Bau napas, keringat, air liur, dan urine menjadi tidak sedap

- Mata dan kulit menjadi berwarna kekuningan

- Perkembangan fisik menjadi lebih lambat

- Terkadang tubuh kejang

Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design