Mengenal Alat Musik Aceh yang Langka dan Berharga

Pulau Sumatera, dengan keberagaman budaya dan tradisi yang kaya, menawarkan sejumlah alat musik yang unik dan langka. Salah satu daerah di Sumatera yang memiliki warisan musik yang khas adalah Aceh. Dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, Aceh juga menyimpan harta karun musikal yang tak ternilai harganya. Di balik keindahan alam dan kebudayaan yang mendalam, terdapat alat musik tradisional Aceh yang langka dan menjadi warisan berharga dari generasi ke generasi.

1. Tari Seudati dan Alat Musiknya

(Sumber: Gramedia.com)

Tari Seudati adalah salah satu tarian tradisional Aceh yang memadukan gerakan tubuh dengan irama musik yang khas. Alat musik yang mengiringi tarian ini antara lain:

a) Rabana

(Sumber: Mantabz)

Merupakan alat musik pukul yang terbuat dari kulit kambing yang direntangkan di atas rangka kayu. Rabana memiliki suara yang khas dan menghasilkan irama yang memukau.

b) Kendang

(Sumber: Broonet)

Mirip dengan kendang pada umumnya, alat musik ini menjadi salah satu unsur penting dalam mengatur tempo dan ritme dalam Tari Seudati.

c) Serune Kalee

(Sumber: Nanggroe Aceh)

Alat musik tiup yang terbuat dari bambu dan memiliki beberapa lubang. Serune Kalee menghasilkan suara yang khas dan menjadi pengiring melodi yang indah dalam Tari Seudati.


2. Rapa'i Pasee

(Sumber: Mediaaceh.co)

Rapa'i Pasee adalah salah satu alat musik pukul tradisional Aceh yang langka. Terbuat dari kayu dan kulit binatang, Rapa'i Pasee memiliki bentuk mirip dengan tamborin atau rebana. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan, menghasilkan bunyi yang kuat dan menggelegar. Rapa'i Pasee biasanya digunakan dalam berbagai upacara adat, acara keagamaan, dan pertunjukan seni tradisional.


3. Arbab

(Sumber: bogornews)

Arbab adalah alat musik tiup tradisional Aceh yang jarang ditemukan. Terbuat dari logam, seperti tembaga atau perunggu, Arbab memiliki bentuk yang menyerupai terompet. Alat musik ini memiliki suara yang khas dan kuat, dan digunakan dalam berbagai kesempatan, termasuk upacara adat dan acara keagamaan. Arbab menjadi salah satu alat musik yang langka dan memiliki nilai sejarah yang tinggi di Aceh.

Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design