TIPS KEREN UNTUK KALIAN CALON ANAK KOST

 Hallo calon MABA, dan Halo juga calon anak-anak Rantau. Setelah pengumuman UTBK dan kalian dinyatakan lulus di Kampus impian kalian, dan kampus impian kalian berada jauh dari rumah kalian dan akhirnya kalian harus hidup mandiri dengan kost di kota orang. Hidup di perantauan tidak seindah yang kita fikirkan, mulai dari biaya hidup yang terbatas, kangen suasana rumah, merasa sendirian, dan banyak hal lainnya.

Namun, dari hal-hal tadi yang penulis jelaskan, itu hanya beberapa rasa sakit di perantauan, hidup merantau di kost orang juga banyak memberi kita pengalaman-pengalaman yang tidak pernah kita bayangkan kita bakal menjalani nya. terlepas dari hal tersebut, penulis punya tips supaya hidup di kost atau hidup di perantauan teratur, mulai dari keuangan dan produktifitas sehari-hari.

Jika kalian memutuskan untuk kost, usahakan kalian memiliki;

1. beberapa perabotan rumah, agar biaya hidup di kost bisa sedikit dihemat. Tetapi lebih dianjurkan beli perabotan yang portable, contohnya Rice Coocker kecil, Panci Listrik, termos listrik portable, dispenser portable. Beberapa contoh barang perabotan portable tersebut sangat membantu dan menghemat kalian untuk kehidupan sehari-hari.

2. Usahakan setiap mendapat transferan dari keluarga kalian harus menyetok makanan sembako kalian, seperti beras, minyak, gula, kebutuhan air minum.

3. Setiap mendapatkan transferan biaya hidup bulanan dari keluarga usahakan kalian sudah mengatur jumlah kebutuhan kalian, contohnya uang kebutuhan listrik, air, wifi, kebutuhan makanan, transport, kebutuhan sekunder harus benar-benar di ‘manage’ sematang mungkin.

4. Semenjak melonjak harga bahan pokok dan buah, ada baiknya kalian beli buah yang tahan lama di simpan dan buah yang tidak mudah busuk untuk membantu kebutuhan gizi dan mineral terhadap tubuh.

5. Hindari nongkrong dengan teman jika tidak terlalu penting, kecuali untuk kerja kelompok, rapat organisasi atau menjumpai dosen bimbingan kalian nanti. Ingat justru mengikuti ajakan teman untuk nongkrong sana-sini mengganggu ‘manage’ keuangankalian dan berakhir boros

Beberapa hal tersebut merupakan tips dari penulis untuk kalian yang akan hidup di perantauan. Semoga segala urusan kalian di perantauan lancer dan pastinya harus kuat mental dan fisik.


Posting Komentar

© Cirikita. All rights reserved. Premium By Raushan Design